Jumat, 05 September 2014

Kematian Itu Banyak Macamnya???




Apa Benar Kematian Itu Banyak Macamnya????




Ahlannawawi, Berbicara mengenai "Kematian" semua orang, tentu banyak yang faham dalam hal ini. Kali ini penulis akan bahas tentang yang namanya kematian secara ringkas saja. Karena, penulis mempunyai banyak keterbatasan.

Pertama yang mesti kita fahami!! Bahwa yang namanya kematian tidak hanya orang yang "meninggal dunia" saja. Sebab, yang namanya kematian tidak lepas dari segala sesuatu keadaan/kondisi yang ada pada kehidupan manusia.

Orang yang meninggal dunia memang adalah suatu kematian, Namun orang yang mati, hanya 'jasadnya' saja, sedang rohnya masih hidup; Artinya, "Rohnya berpindah dari alam dunia menuju alam kubur."

Sementara, kematian dalam hal yang lain dapat kita temukan dalam setiap keadaan yang ada pada kehidupan kita. Suatu contoh, bagi yang semua nafsu amarahnya telah hilang, itu juga merupakan mati. Artinya; "mati dalam hal nafsu amarahnya."

"Termasuk diantaranya adalah tidak pernah merasa kuat, tidak pernah merasa mulia, tidak pernah merasa benar dan lain sebagainya. Karena barang siapa masih merasa memiliki sifat kehidupan berarti hawa nafsunya belum mati."

Selain dari itu, ada juga kematian yang berupa rasa. Misalnya: "Hari ini anda merasa semangat, dikemudian harinya anda tidak lagi merasa semangat. Ini juga merupakan kematian, namun mati yang dimaksud disini adalah mati dalam hal rasa semangat ."

Ada juga mati dalam hal yang berupa hati. Sebagaimana, Bagi yang tidak pernah lagi ingat dengan Tuhannya, itu juga merupakan kematian. Maksudnya; "Hatinya telah mati sehingga membuatnya tidak lagi ingat dengan Tuhannya."

"Tidak lepas dari itu, Orang yang suka melakukan hal yang sudah jelas salah pun. Namun, ketika ia diberi nasihat, ia tetap saja melakukannya. Penyebabnya, dikarenakan hatinya telah mati, sehingga ia tidak mau dengar atau menerima nasihat orang lain, padahal kedua telinganya itu tidak tuli."

Penulis: Elang
Notes: "Selebihnya, saudara bisa pelajari tentang kematian menurut pandangan orang alim dibawa ini."

Belajar Kematian Kepada Nabi Idris As : http://m.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,52294-lang,id-c,ubudiyah-t,Belajar+Kematian+Kepada+Nabi+Idris+as-.phpx

Mengingat Kematian: http://jombang.nu.or.id/mengingat-kematian/


  • Semoga artikel ringkas ini dapat menambah wawasan!!
  • Wassalam.......




Tidak ada komentar:

Posting Komentar