Senin, 26 Januari 2015

Satu dan Diantara Tipe Kepribadian Manusia

Satu dan Diantara Tipe Kepribadian Manusia.

Manusia selain makhluk sosial ia juga makhluk yang di karuniai akal yang tidak dimiliki makhluk Tuhan yang lainnya. Lebih dari itu. Selain manusia dikaruniai akal, manusia juga memiliki Tipe Pokok Kepribadian yang mungkin dimiliki oleh setiap orang. Salah satu Tipe dan diantaranya adalah Tipe Koleris, Sanguin, Melankolis, dan Tipe Plegmatis.

Salah satu Tipe Koleris dan diantara yang lainnya ialah selalu menilai sesuatu Secara Logis, dan seperti mempunyai bakat sebagai pemimpin, memerintah, dan suka menyuruh. Lebih dari itu, yang mempunyai Tipe Koleris ini biasanya suka tantangan, dan penuh pertimbangan. Kepribadian seperti ini tidak suka di kritik tapi sebaliknya suka mengkritik orang lain.
Dalam sebuah perdebatan pun bagi mereka adalah kemenangan bukan kebenaran. Dengan demikian, untuk menghadapi orang seperti ini jangan mengkritik argumentasi pribadinya, tapi sampaikan saja argumentasi anda. Walau argumentasi mereka bertentangan dengan argumentasi anda. Dengan kata lain, kita maklumi dan terima saja argumentasi mereka dengan lapang dada. Agar diantara anda dengan mereka tidak ada masalah dan bisa berteman dengan baik. 

Untuk Tipe Sanguin, biasanya memiliki keperibadian yang suka bercanda (Humoris), supel, easy going, ekspresif. Lebih dari itu, kepribadian Sanguin ini mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Dalam pergaulan, bagi mereka tidak sulit mencari teman, karena mereka memang disukai banyak orang. Walau demikian, kadang mereka selalu berbicara terus-menerus, hingga seolah-olah tidak memberi ruang atau kesempatan bagi orang lain untuk berbicara. Dan kepribadian seperti ini kadang juga suka membesar-besarkan diri. Akan tetapi, Tipe Kepribadian seperti ini kadang cepat bosan termasuk dalam pekerjaannya. Kadang egois, dan gampang lupa. Saat anda menghadapi Tipe Kepribadian orang tersebut. Ada baiknya memberi pujian. Sebab titik kelemahan mereka adalah pujian. Dan dalam setiap apapun yang mereka lakukan adalah demi ingin mendapat pujian dari orang lain, termasuk hasil karya-karyanya, hasil kerjanya, dsb. Maka, untuk mengambil hati mereka adalah dengan pujian. Baik itu dalam hal-hal kecil maupun hal yang cukup besar, agar anda bisa selalu dekat dengan mereka.

Sedang Tipe Melankolis biasanya suka meneyendiri; suka dengan keadaan-keadaan yang sunyi; mempunyai perasaan yang peka;  Dan berbakat dalam hal musik; Selalu ragu-ragu dalam bertindak, dalam arti ketika setiap mereka mengambil keputusan harus mendapat persetujuan dari orang lain atau orang-orang terdekatnya; Kurang cepat tanggap dalam hal yang berbau Humor.
Saat anda menghadapi orang yang memiliki Tipe tersebut, maka anda harus berhati-hati. Dalam arti, karena mereka memang gampang sakit hati, sebab mereka orangnya sangat perasa. Lebih dari itu, mereka biasanya membutuhkan dukungan moral untuk setiap keputusannya yang menurutnya benar atau keputusan yang akan diambil olehnya. Maka mereka selalu membutuhkan teman agar setiap keputusan yang akan mereka ambil ada orang disekelilingnya yang mau memberi dukungan moral tersebut. Oleh sebab itulah, berikan dukungan penuh terhadapnya, nantii mereka akan menjadi pasukan anda. Dengan kata lain, mereka akan selalu mendekati anda, karena mereka membutuhkan dukungan anda.

Nah, untuk Tipe Plegmatis biasanya mereka suka sosialisasi atau senang bergaul. Namun dalam pergaulannya ia lebih suka diam, dalam arti ia lebih suka menjadi pendengar. Yang menjadi istimewah dari Keperibadian mereka adalah sifat sabar; Suka menyembunyikan emosinya. Dengan arti lain—saat dalam pergaulannya, ia suka menjadi seorang penengah yang baik. Inilah sosok seseorang yang dewasa. Akan tetapi, mereka juga mempunyai kekurangan. Seperti, mereka lebih sering menghindari tanggung jawab. Dengan kata lain, ia tidak bisa dijadikan sebagai pemimpin. Karena pada dasarnya mereka lebih suka menjadi penengah. Sedang untuk kata lainnya, mereka lebih suka menjadi bawahan. Dan konon, kesabaran dan kebijaksanaannya kepribadian ini lebih digilai oleh lawan-lawan jenisnya. Saat anda menghadapi kepribadian tersebeut, berikan semangat terhadapnya agar ia tidak menghndari tanggung jawabnya. Walau kepibadian memang sulit untuk dirubah, akan tetapi jika sedikit demi sedikit ingin berubah tentu akan berubah. Namun lebih dari itu, mereka adalah orang-orang yang asyik untuk dijadikan tempat curahan hati.

Penulis: Elang
Sendang, 26-Januari-2015
12:58

https://m.facebook.com/notes/elang-bass/satu-dan-diantara-tipe-kepribadian-manusia/1568604690053138/?refid=17&_ft_&__tn__=C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar