Kamis, 29 Mei 2014

Di Langit ketiga Rasulullah SAW Berjumpa dengan Nabi Yusuf as

Ahlannawawi ~ ISRA' MI'RAJ VII: "Di Langit ketiga Rasulullah SAW Berjumpa dengan Nabi Yusuf as "

ثم صعد الى السماء الثالثة فاستفتح جبريل قيل ومن هذا قال جبريل ومن معك قال محمد قيل أوقد أرسل اليه قال نعم قيل مرحبا به وأهلا حياه الله من أخ ومن خليفة فنعم الأخ ونعم الخليفة ونعم المجئ جاء ففتح لهما فلما خلصا اذا هو بيوسف...

Kemudian sampailah Rasulullah saw diantar bersama Jibril ke langit yang ketiga. Di sana beliau berjumpa dengan Nabi Yusuf as. dan beberapa pengikutnya. Setelah saling memperkenalkan diri, Nabi Yusuf as. pun mendoakan Rasulullah saw.

Nabi Yusuf as. adalah seorang Nabi yang dianugerahi ketampanan wajah dan kebaikan budi pekerti. Keteguhan imannya tergambar dalam ceritanya yang masyhur menolak ajakan Zulaikha. Meski demikian, dijelaskan bahwa ketampanan dan kebaikan yang dimilikinya senilai dengan separo kebaikan dan ketampanan Rasulullah saw.

Profil Nabi Yusuf as. merupakan salah satu bukti ejawantah sifat Jamalnya Allah swt yang sebaiknya didambakan oleh semua hambanya. Karena sifat Jamalullah inilah yang akan melengkapi diri manusia. Jika diri manusia dibagai dua antara yang dhahir dan yang bathin, maka keduanya juga harus sama-sama diperlengkapi dengan keindahan.

Dengan kata lain, sisi keindahan yang lebih condong pada nilai asesoris dalam hati dan budi pekerti manusia sangatlah penting, walaupun bukan subtansial. Karena hanya dengan keindahan itulah seorang hamba akan dapat berjumpa dengan Allah swt. karena pada hakekatnya Allah adalah Yang Maha Indah. Innallaha jamalun, yuhibbul jamal. (Red. Ulil H)   

Sumber: http://m.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,52293-lang,id-c,ubudiyah-t,Berjumpa+Nabi+Yusuf+as+di+Langit+yang+Ketiga-.phpx
(Kamis, 29/05/2014 06:00)

Editing Posts: elang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar