Kamis, 29 Mei 2014

Orang Gila adalah Guruku

Ahlannawawi ~ "Orang Gila adalah Guruku"

Orang gila tidak perlu di hina tetapi pelajarilah ilmunya berdasarkan nasehat nasehatnya.

Nasehat daripadanya adalah cara membersihkan lingkungan: "Sebagaimana ia setiap harinya memunguti sampah sampah yang berserakan di jalanan yang kemudian jalanan itu menjadi indah dilihat oleh mata."

Dalam islam pun "Kebersihan adalah sebagian daripada iman. Apalagi yang menciptakan manusia itu adalah Tuhan yang Maha Suci."

Disisi lainnya "kepribadian orang gila itu" ketika ia didekati orang yang normal. "Kepalanya akan merunduk dan seperti merasa malu."

Sifat malunya itu adalah sebuah nasehatnya, bahwasanya: "Orang yang normal itu mesti mempunyai sifat malu, karena manusia itu diciptakan daripada setetes air hina, yang dengan kemurahan Allah dan Kekuasaan-Nya sehingga air hina itu berubah menjadi seorang manusia."

Selebihnya seorang yang normal itu tidak perlu merasa bangga. Semestinya ia harus ada pendirian daripada sifat malunya, demi menjaga kehormatannya, harga dirinya, dan dengan sifat malunya ia (orang normal) akan bersih keras selalu sujud di hadapan Tuhannya.

Dalam sifat malu itu orang akan mengerti: "Bahwa dengan rasa malunya ia akan menjauhkan dirinya dari etika yang tidak layak di tunjukkan, karena dengan adanya rasa malu ia akan menjadi seorang yang beradab dan berakhlak baik."

"Sifat malu mengajarkan seseorang dengan sikap sopan dan santun dalam tindak tanduknya. Rasa malunya akan mengarahkan ke arah yang positif bagi si pemiliknya disetiap saat ia bertindak"

Selebihnya lagi dengan sikap malunya itu "ia akan selalu rendah hati dengan sesuatu yang ia temui. Ketika ia menghadap Tuhannya, menghadap orang yang lebih tua darinya dan menghadap orang yang lebih mulia darinya."

Disamping itu: "sikap malu akan merubah sifat seseorang yang sebelumnya keras menjadi lembut, sedangkan yang menciptakan manusia itu adalah Dzat yang Maha Lembut, sebagaimana yang dikatakan Asma-ul-husnah yaitu 'Al-Lathiif' (Yang Maha Lembut)."

Catatan: Dua nasehat yang diberikan orang gila tadi adalah sebuah nasehat yang positif dan banyak sekali manfaatnya, salah satunya tadi, kebersihan dan sifat malu. Karena bila seseorang sudah menjaga kebersihan dan sifat malu, akan mengarahkan si pemiliknya ke arah yang lebih baik.

Perlu di ingat: "Orang normal jangan menghina/meremehkan orang gila"

Penulis: (elang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar