Rabu, 28 Mei 2014

Musik adalah sebagian daripada Ilmullah

Ahlannawawi: ~ "Musik adalah sebagian daripada Ilmullah"

Di dalam musik itu "mengandung unsur kenikmatan bagi yang mendengarnya, dan kenikmatan itu diciptakan oleh Sang Maha Pencipta"

Bukan hanya itu saja! "Terkadang dengan penghayatan seorang yang mendengarnya dan juga yang memainkannya, ia dapat tertawa, tersenyum, tersendu hatinya, menangis, merintih, meratap, merajuk, semangat, bahagia dan terhibur, yang pastinya beberapa unsur tadi adalah sesuatu yang diciptakan oleh Sang Maha Pencipta"

Apalagi sesuatu yang lainnya didalam  musik itu sendiri, memiliki jumlah 12 nada. Suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Perbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paling lazim adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dalam teori musik diatonis barat diidentifikasikan menjadi 12 nada yang masing-masing diberi nama yaitu nada C,D,E,F,G,A dan B. Serta nada-nada kromatis yaitu Cis/Des, Dis/Es, Fis/Ges, Gis/As, dan Ais/Bes.

Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Kedua unsur tersebut membentuk paranada, di samping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya.

Hal-hal yang dipelajari dalam teori musik mencakup misalnya suara, nada, notasi ritme, melodi, Kontrapun Musik, harmoni, Bentuk Musik, Teori Mencipta Lagu, dlsb.

Catatan: Musik itu sebelumnya tidak ada, kemudian diadakan oleh yang ada. Sumbernya musik adalah Dzat yang Maha Ada.

(elang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar