Kamis, 22 Mei 2014

Pemilu India Hasilkan Kekecewaan bagi Minoritas Muslim

Pemilu India Hasilkan Kekecewaan bagi Minoritas Muslim

New Delhi; Hasil resmi pemilihan umum menimbulkan kekecewaan bagi minoritas Muslim karena menghasilkan representasi yang paling rendah dalam sejarah pemilu di India di majelis rendah parlemen yang dikenal sebagai Lok Sabha.

“Kelompok Muslim gagal memberi pengaruh dalam pemilihan,” kata Girija Shankar, seorang analis politik di India Tengah kepada Onislam.net.

“Di banyak tempat, suara mereka terbagi diantara beberapa partai seperti Congress, Aam Aadmi Party (AAP), Samajwadi Party (SP) dan Bahujan Samaj Party (BSP),” tambahnya.

Hasil pemilihan yang dimumkan Jum’at lalu menunjukkan kemenangan pihak oposisi Bharatiya Janata Party (BJP) yang dipimpin oleh Narendra Modi.

Naiknya BJP ini membuat representasi Muslim di parlemen berada pada titik terendah karena hanya ada 22 Muslim yang terpilih.

Untuk pertama kalinya, tak seorang Muslim pun terpilih dari wilayah India utara di negara bagian Uttar Pradesh, yang populasi Muslimnya mencapai 18.5 persen.

BJP hanya memunculkan satu kandidat Muslim Syed Shahnawaz Hussain dari Bhagalpur yang mewakili negara bagian Bihar. Tetapi dia dikalahkan oleh rival terdekatnya Shailesh Kumar Mandal.

Negara bagian Bengali barat memberikan kemenangan terbesar dengan mengirimkan delapan wakil, diikuti empat dari Bihar, tiga dari Jammu dan Kashmir, dua orang masing-masing dari Assam, Kerala dan Tamil Nadu dan seorang dari Andhra Pradesh (sekarang Telangana setelah ada pemekaran).

Dipercaya bahwa suara Muslim dapat mempengaruhi hasil di lebih dari 120 daerah pemilihan parlemen, dari total 543 daerah pemilihan nasional, tetapi saat ini kelompok Muslim gagal mengambil peran.

Banyak analis melihat bahwa kegagalan Muslim merupakan akibat langsung dari terbaginya suara Muslim yang tidak terkonsolidasi pada satu partai. Selain partai Kongres, banyak partai non-BJP mencoba meraih simpati pemilih Muslim.

“Agama dan kasta gagal membuat pengaruh pada pemilihan kali ini dan orang memilih untuk tujuan pembangunan. Saya pikir, sekarang saatnya Modi harus membuktikan dirinya dan tak seorang pun harus takut padanya,” kata Shankar, seorang analis politik.

“Saya percaya, tidak ada alasan untuk agama lain dan ia lebih memilih bekerja untuk mengembangkan ekonomi dan tidak untuk digambarkan sebagai perdana menteri Hindu.”

Beberapa kandidat Muslim mengatakan, salah satu alasan kekalahan mereka dikarenakan tidak mendapat suara selain dari komunitas Muslim. (onislam.net/mukafi niam)

Dikutip; http://m.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,45-id,52145-lang,id-c,internasional-t,Pemilu+India+Hasilkan+Kekecewaan+bagi+Minoritas+Muslim-.phpx
Terbitan; (Rabu, 21/05/2014 18:03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar