Senin, 02 Juni 2014

Ada sebuah nasehat dari pelangi

Ahlannawawi~ Ada sebuah nasehat dari pelangi

Disana ada seorang yang sedang memperhatikan sebuah sesuatu yang ia lihat, yang disitu memiliki ke indahan. Apakah yang dilihat itu? Ternyata yang ia lihat adalah sebuah pelangi.

Seorang tadi semakin penasaran. Apalah arti sebuah pelangi itu? "Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan."

Disamping itu "Pembentukan cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu."

Kemudian "dibalik pelangi itu membuat ia heran." Sebab unsur  yang tadi ada keistimewaan yang lain dibalik pelangi itu. "Keistimewaannya adalah persatuan dan kesatuan." Karena yang ia lihat.  "Pelangi itu warnanya lebih dari satu, tetapi tidak ada yang terpisahkan, Istilahnya saling menyatu satu dengan yang lainnya, karena beraneka warna tetapi sejajar."

Dari sudut warna pelangi. jelas! "tidaklah sama melainkan berbeda-beda." Tetapi perbedaan yang ada di pelangi itu tidak membuat warna yang satu dengan yang lainnya terpisah-pisah. Bahkan saling melengkapi (yang membuat pelangi itu indah dilihat).

Seandainya manusia saling menghargai perbedaan (layaknya sebuah pelangi tadi), kemungkinan akan tercipta perdamaian, dan dari sudut "perdamaian" itu akan timbul rasa saling menyayangi. Maka hasilnya "perbedaan itu akan saling melengkapi.

Begitu pula pentingnya menanamkan Bhineka Tunggal Ika, yang menjadi simbolis negara Indonesia ini. Karena Indonesia bukan negara agama melainkan negara keberagaman. Indonesia bukan negara suku melainkan kebersukuan. Oleh karenanya, "didalam pancasila persatuan dan kesatuan" itu di masukan.

Intellection : (elang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar