Rabu, 11 Juni 2014

Moderat itu Adil pada Seluruh Umat

Moderat itu Adil pada Seluruh Umat

Ahlannawawi: ~ Gresik: "Pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan, KH. Mulyadi, mengatakan, sikap moderat dan toleran sangat dianjurkan dalam Islam. Memperkuat pernyataannya, ia menukil hadits Nabi “Sebaik-baiknya perkara adalah yang di pertengahan/moderat” (HR Tabrani)."

“Moderat artinya kita harus berlaku adil, mengambil jalan tengah, tentu di atas keadilan Islam bukan yang lain,” katanya pada sambutan Seminar Internasional bertema “Posisi Islam tentang Terorisme dan Ekstremisme” Sabtu (31/5).

Ia menambahkan, sikap adil bukan hanya kepada sesama Muslim, tetapi juga seluruh umat manusia. Bahkan juga kepada alam dan segala isinya. Inilah konsep rahmatan lil alamin dalam Islam.

Seminar tersebut merupakan sambutan kepada Kedutaan Besaar Mesir yang menjalin kerjasama bidang pendidikan dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Kedutaan Besar Mesir dan rombongan disambut pawai dengan diiringi hadrah dan drum band, pemberian simbolis selamat datang, disaksikan Kepala Kemenag Kabupaten Gresik, para kiai dan masyayikh.

Duta Besar Mesir, Bahaaeldeen Dessoukim mengatakan, kampus Al-Azhar Mesir selaku pusat pendidikan Islam di Mesir sangat respek dan mendukung dengan STAI Al-Azhar Menganti Gresik yang mengedepankan Islam ahlussunah waljamaah, yaitu Islam yang menolak terorisme dan ekstremisme.

Dukungan tersebut dibuktikan dengan memberi kesempatan pada Lembaga Pendidikan Islam Al-Azhar yang meliputi STAI, SMA, SMK, SMP, MI, RA, dan PAUD diberi kesempatan mengirimkan siswanya terutama pada Sekolah Menengah Atas (SMA) sejumlah 3 anak untuk mengikuti studi di Kampus Al-Azhar Mesir dengan gratis.
(Barudin/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online
(Selasa, 03/06/2014 09:01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar