Kamis, 26 Juni 2014

Madrasah Punya Kelebihan Dibanding Sekolah Umum

Madrasah Punya Kelebihan Dibanding Sekolah Umum

Kudus - Lembaga pendidikan madrasah mempunyai kelebihan dibanding sekolah umum. Madrasah lebih mementingkan pendidikan moral atau akhlak yang mampu mencetak generasi sholih-sholihah.

Demikian disampaikan Ketua Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Kudus KH Masyhud Siraj pada acara haflah khatmil qur’an ke-24 Raudhotul Ta’limil Qur’an (RTQ) dan pelepasan Taman Kanak-kanak Muslimat NU “Manarul Huda" Desa Padurenan Gebog, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (24/6) siang.

KH Masyhud mengatakan, penekanan pendidikan akhlak merupakan sebuah upaya madrasah dalam menjaga moral generasi sekarang yang telah mengalami penurunan. Hal ini juga sejalan dengan kurikulum 2013 yang titik tekannya pada pendidikan moral.

“Moral generasi sekarang harus dijaga dengan mendidik anak-anak sekolah di madrasah,” ajaknya.

Kelebihan lainnya, katanya, madrasah mencetak generasi yang mempunyai ilmu manfaat dan penuh barokah. “Barokah ini sulit untuk dirasionalkan tetapi selama guru dan murid itu sama ikhlasnya akan meraih keberkahan,” terangnya.

KH Masyhud menyatakan kriteria sekolah favorit itu tidak yang memiliki gedung dan fasilitas mewah, melainkan sekolah yang mampu mencetak anak menjadi shalih-shalihah.  Pendidikan formal yang mampu mencetak generasi shalih-shalihah hanyalah madrasah.

Di depan ratusan wali murid dan ibu-ibu muslimat itu, KH Masyhud menekankan mendidik anak yang sholeh sholehah merupakan kewajiban orang tua. Nabi Muhammad  bersabda, rumah tangga adalah sekolah pertama bagi keluarga (anak kecil).

“Kalau tidak bisa mendidik sendiri, titipkan kepada lembaga pendidikan formal dan nonformal. Sekolahkan saja di madrasah,” ajaknya lagi.

Dalam acara  itu, 33 santri RTQ yang telah khatam al qur’an dan 37 anak TK Muslimat NU Manarul Huda diwisuda secara bersamaan. Sebelumnya, para wisudawan/wati ini dikirab menyusuri kampung dari rumah pengurus hingga di lokasi acara tepatnya di Pondok Muslimat NU Padurenan. (Qomarul Adib/Mahbib)

Sumber: http://m.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,2-id,52873-lang,id-c,daerah-t,Madrasah%20Punya%20Kelebihan%20Dibanding%20Sekolah%20Umum-.phpx
(Rabu, 25/06/2014 20:12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar