Kamis, 12 Juni 2014

Inilah Lambang NU Afganistan

Inilah Lambang NU Afganistan

Ahlannawawi: ~ Jakarta: ~ "Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang baru saja didirikan di Afganistan telah merilis sebuah lambang yang mirip dengan organisasi NU di Indonesia. Lambang menggunakan gambar utama bola dan warna dominan hijau."

Lihat Foto: http://www.nu.or.id/onefiles/nu_or_id/dinamic/thumb/1402386223.png

Fokus yang ditunjukkan dalam bola dunia itu adalah peta negara Afganistan. Di bagian atas bola dunia tertulis kalimat “Bismillahirrahmanirrahim”, dan di sisi kanan dan kiri bola dunia tertulis nama NU Afganistan, semuanya dalam bahasa Arab. Lalu tepat di tengah bola dunia terdapat gambar masjid.

Di bawah logo tertulis kalimat “Al-ulama’u warotsatul Ambiya” merujuk pada hadits Nabi Muhammad SAW yang berarti “Ulama adalah pewaris para Nabi”. Di bawah kalimat itu tertulis NUA atau Nahdlatul Uama Afganistan. Berbeda dengan lambang NU di Indonesia dengan sembilan bintang di sekeliling bola dunia, dalam lambang NU Afganistan hanya terdapat lima bintang di sisi bagian atas.

Lambang NU Afganistan telah dikirimkan kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta. NU Online belum mendapatkan konfirmasi mengenai makna sebenarnya yang dimaksud dalam lambang tersebut.

Lima bintang yang dimaksud sepertinya merujuk pada lima prinsip yang diadopsi dari NU di Indonesia yang dinamakan “NUA  Principals” yakni Attawasoot, Attawazon, Al-Adalah, Attasamoh, dan Al-Musharakah. (A. Khoirul Anam)

Sumber: NU Online
(Selasa, 10/06/2014 14:45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar