Rabu, 25 Juni 2014

Siapapun Presidennya, NU Jember Dukung PNPM Dipertahankan

Siapapun Presidennya, NU Jember Dukung PNPM Dipertahankan

Ahlannawawi, Jember - PCNU Jember mendukung agar Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri perdesaan dan perkotaan dipertahankan dan dilanjutkan oleh pemerintahan mendatang.

Dukungan tersebut dikemukakan oleh Wakil Sekretaris Pengurus NU Cabang Jember, Moch. Eksan, ketika memberikan ceramah dalam acara pemberian santunan anak yatim piatu PNPM Mandiri Perdesaan, di lapangan Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (21/6/2014). 

"Programnya nyata dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. “Karena itu, kami berharap agar PNPM bisa dilanjutkan, siapapun presidennya nanti,” ujarnya.

Eksan menegaskan, PNPM masih sangat relevan dan kontekstual, sebagai bagian dari pemberantasan kemiskinan sekaligus pembukaan kesempatan lapangan pekerjaan baru. Ia mencontohkan SPP (Simpan Pinjam Perempuan) yang selama beberapa tahun belakangan menjadi sumber pendanaan pengembangan usaha mikro di desa dan di kota, khususnya masyarakat miskin.

"Para pelaku usaha mikro memanfaatkan dana ini. Ini tak lepas dari kesadaran para peminjam, bahwa utang harus dibayar. Bila tidak justru merugikan diri sendiri secara material dan spiritual," katanya.

Menurut pengasuh pesantren mahasiswa Nuris 2 Jember itu, sejak digulirkan pada 2007 hingga 2013, sudah digelontorkan Rp 56 triliun oleh pemerintah, dengan tingkat kebocoran 0,4 persen.

"Keberhasilan program ini tak lepas dari pelibatan para tokoh masyarakat, pelaku pemberdayaan, dan masyarakat umum dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemanfaatan program tersebut.” katanya. (aryudi a razaq/abdullah alawi)

Sumber: http://m.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,2-id,52859-lang,id-c,daerah-t,Siapapun+Presidennya++NU+Jember+Dukung+PNPM+Dipertahankan-.phpx
(Rabu, 25/06/2014 07:00)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar