Jumat, 02 Mei 2014

Amalan Setelah Shalat Jum’at

Amalan Setelah Shalat Jum’at

ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪُ
Ada yang ingin saya tanyakan:
a. Bagaimana dasar hukumnya membaca QS.Al-Fatihah
7x, QS.Al-Ikhlas 7x, QS.Al-Falaq 7x, dan QS.An-Nas 7x
setelah shalat Jum'at dan dilanjutkan dengan Syair Abu
Nawas? Apa dasar hukumnya dan diambil dari kitab apa?
b. Saya juga pernah mendengar kadang imam melafalkan
surat-surat diatas 7x, ada jg yang hanya dengan 5x atau
3x. Yang mana yang benar?
c. Saya juga pernah mendengar dari seseorang, ketika setelah tahiyat akhir biar mendapat kesunahannya jangan berganti posisi tahiyat akhir itu? Apakah benar?
Mohon penjelasannya.., Jazakumullah khairon Katsiron.
ﻭﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪُ
Muhammad Fajrul Falah, Kaliwungu-Kendal,
Jawab:
ﻭﻋﻠﻴﻜﻢ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ
Saudara Fajrul Falah yang terhormat.
Dzikir merupakan anjuran dari Allah Swt yang dapat dilaksanakan kapan dan dimanapun (tidak mngenal situasi dan kondisi), hal ini sesuai dengan salah satu firman-Nya yang artinya kurang lebih wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (ingatlah) kalian kepada Allah sebanyak-banyaknya (surat Al-Ahzab).

Tidak terhitung jumlah karya ulama yang menjelaskan tentang masalah dzikir dan keutamaannya. Diantara
karya tersebut adalah Al-Adzkar yang disusun oleh Yahya bin Syaraf an-Nawawi. Kitab ini banyak dikaji di berbagai pesantren NU. Dalam karya ini pula terdapat referensi sebagai jawaban atas pertanyaan yang anda
sampaikan.
ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ، ﻗﺎﻟﺖ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ
ﻭﺳﻠﻢ : " ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺑﻌﺪ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ : ﻗﻞ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ ، ﻭﻗﻞ ﺃﻋﻮﺫ
ﺑﺮﺏ ﺍﻟﻔﻠﻖ ،ﻭﻗﻞ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﺮﺏ ﺍﻟﻨﺎﺱ ، ﺳﺒﻊ ﻣﺮﺍﺕ ، ﺃﻋﺎﺫﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ
ﻭﺟﻞ ﺑﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺍﻷﺧﺮﻯ
Artinya: Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang membaca (setelah shalat Jum’at) surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tujuh kali, Allah akan mengindarkannya dari keburukan (kejahatan) sampai Jum’at berikutnya. Referensi ini sekaligus menjawab pertanyaan kedua dari saudara.
Sementara mengenai syair Abu Nawas, rujukannya adalah dari kitab Bughyah al-Mustarsyidin .

Adapun mengenai jawaban yang ketiga, kami menjumpai dalam kitab al-Adzkar pula bahwa tidak merubah posisi tempat duduk itu berlaku setelah shalat Subuh. Mungkin,
dari sinilah ulama memberlakukan pula hal tersebut dalam shalat-shalat fardlu yang lain.

Mudah-mudahan dengan rujukan yang telah kami paparkan, akan menambah keyakinan saudara fajrul falah dalam melaksanakan amal ibadahnya, dan menjadikan
kita termasuk orang yang selalu ingat kepada Allah.
Amin.

(Maftuhan)

By http://m.facebook.com/elang

Sumber: http:// m.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,59-id,51144-lang,id-c,bahtsul+masail-t,Amalan+Setelah+Shalat+Jum+rsquo+at-.phpx
Terbitan: (Jumat, 04/04/2014 03:23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar